Alasan Mengapa Orang Jepang Selalu Tepat Waktu

Aha… akhirnya ketemmu juga file document ini. Entah kenapa akhir-akhir ini saya jadi lupa bahkan sampai lupa dengan tugas kulliah *Naudzubilla min zalim jangan sampai*. Saya dapet artikel ini dari salah satu grup  penggemar jepang difacebook. Karena artikelnya menarik jadinya saya bakalan share disini. Kalo baca artikel ini jadinya cemburu kenapa budaya jepang bisa on time sedangkan budaya kita  budayanya ngaret. Dan itu emang benerkan? Disuruh datang jam segini pasti datangnya ngak on time, terlambat trus banyak alasan  hhh lucunya. Tapi ya sudahlah toh ngak semua orang indonesia begitu cuman kebanyakannya begitu -__-“. Nah udaah ah ceritanya baca aja alasan mengapa orang Jepang selalu tepat waktu.

Menurut Edward Hall seorang ahli Antropologi berkebangsaan Amerika, orang Jepang termasuk dalam kategori Monocronic Time (M- Time). Sebaliknya, jika mengacu pada ciri-ciri Polycronic Time (P-Time), maka orang Indonesia masuk dalam kategori ini. Orang-orang dalam kategori P-Time, bias mengerjakan lebih dari satu kegiatan dalam satu waktu. Dan lebih mementingkan hubungan kemanusiaannya. Sedangkan orang Jepang yang termasuk dalam kategori M-Time, biasa mengerjakan kegiatan tunggal dalam satu waktu, dikerjakan dengan runtut sesuai tahapan, dengan begitu hasilnya sangat berkualitas tinggi. Dalam kesehariannya, memang terbukti orang Jepang memandang dengan memberikan nilai tinggi terhadap waktu. Karena itu, mereka tidak pernah meleset, bias mewujudkan dari apa yang pernah direncanakan. Bagaimana dengan kita yang tergolong dalam kategori P-time itu? Sebagai ilustrasinya, misalnya, kalau janjian dengan seseorang, ditengah perjalanannya bertemu dengan teman lain, waktu bisa “terbuang’ semenit atau dua menit tuk sekedar menyapa. Beda dengan orang Jepang, kegiatan menyapa itu hanya dengan anggukan kecil waktu berpapasan ditambah juga perilaku khas yang ditujukkan pada wajah dan cara jalan, semuanya bisa tertangkap oleh orang lain, kalau orang tersebut itu dalam keadaan punya waktu yang tak banyak. Dan perilaku ketergesaan itu sangat dihargai dan dimaklumi oleh semua orang. Oleh sebab itu jika sampai terjadi keterlambatan, orang Jepang akan membuat alasan dengan menyalahkan diri sendiri, bukan karena bis atau penyebab lain diluar dirinya. Kembali pada rasa malunya dilihat banyak orang, jika sampai diri sendiri ditegur orang lain, karena keterlambatannya. Karena itu tingkat stress dalam hal mengejar waktu ini tinggi. Bagaimana menurutmu?

source

3 thoughts on “Alasan Mengapa Orang Jepang Selalu Tepat Waktu

  1. Hey just wanted to give you a quick heads up.

    The words in your post seem to be running off the screen in Safari.

    I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with browser compatibility but I figured I’d post to let you know.
    The design look great though! Hope you get the issue solved soon.
    Kudos

  2. What’s up colleagues, pleasant piece of writing and pleasant arguments commented here,
    I am actually enjoying by these.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s